Agustus 05, 2016

>> Tanjung Benoa Bali, Menyajikan Beragam Permainan Watersport Berkelas

Tanjung Benoa adalah sebuah kelurahan di wilayah Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Tanjung Benoa merupakan tempat wisata di Bali yang terkenal akan pantainya. Tempat ini juga merupakan surganya wahana air seperti banana boat, scuba diving, parasailing, rolling donut, seawalker, flying fish, snorkeling dll. Selain itu, terdapat pelayaran menuju Pulau Penyu tempat hidup dan penangkaran seekor kura-kura, ular, jalak bali, dan sebagainya. Sehingga tidak salah kalau Tanjung Benoa dikenal sebagai pusat wisata bahari di Bali.

Aktifitas wahana air sangat tergantung dari kondisi pasang surut air laut yang dikenal istilah pasang purnama dan pasang tilem. Jika kena pengaruh bulan mati (tilem), atraksi wisata laut baru bisa dilangsungkan di atas pukul 11.00 hingga sore. Sebaliknya, kalau terkena pengaruh pasang purnama (bulan penuh), wisatawan bisa memulai aktivitas wisata tirta sejak pagi hari, sekitar pukul 09.00 hingga sore hari biasanya sampai jam 4 sore. Bibir pantai Tanjung Benoa memiliki laut yang aman, nyaman dan indah. Karang lautnya masih lestari, sehingga ombak akan pecah di luar, sebelum menyentuh bibir pantai. Karena itu, di pantai Tanjung Benoa dikenal istilah ''laut dangkal'' dan ''laut dalam''. 

Pesisir pantai Tanjung Benoa mencakup tujuh lingkungan/banjar, enam di antaranya masuk wilayah Kelurahan Tanjung Benoa (Banjar Kerta Pascima, Anyar, Tengah, Purwa Santi, Panca Bhineka, dan Banjar Tengkulung), sedangkan Banjar Terora masuk wilayah Kelurahan Benoa. Luas keseluruhannya 400,39 hektar, 226,64 hektar di antaranya adalah luar wilayah Banjar Terora. Dengan demikian luas wilayah Tanjung Benoa hanya 173,75 hektar.  Berikut peta lokasi pantai Tanjung Benoa.

Berikut Daftar permainan Water sport yang bisa anda nikmati di Tanjung Benoa Bali:

Flyboard

Flyboard Bali merupakan salah satu jenis water sport yang menggunakan papan seperti wakeboard dengan sepasang sepatu yang melekat secara terpisah di papan sebagai peralatan utama. Selain itu sensasi terbang juga menjadi daya pikat permainan ini. Anda akan dibuat terbang dengan papan yang melekat akibat didorong oleh tekanan air yang tinggi sehingga akan serasa menjadi seperti Iron Man.

Konsep permainan Flyboardadalah dengan ditarik oleh speedboat yang dikendarai 1 orang pemandu profesional. Ini akan menghasilkan tekanan air yang besar berkekuatan 200 pk dan membuat wakeboard khusus yang anda gunakan melayang di berbagai macam ketinggian mulai dari 5 – 10 meter.

Untuk harga Flyboard, anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 650.000 ( Harga Diskon ) dan Rp1.200.000 ( Harga normal ) per orang untuk menikmati fasilitas Flyboard Bali di Tanjung Benoa. Anda tidak perlu khawatir masalah keamanannya karena semua peralatan yang digunakan seperti wakeboard, sarung tangan dan jaket pelampung sudah berstandar internasional demi keamanan dan kenyamanan anda. Selain itu, anda juga akan didampingi oleh para pemandu yang sudah berpengalaman dan terlatih. Mereka akan memberikan pengarahan dan tata cara penggunaan perangkat flyboard dari awal sampai akhir. Anda akan diberikan waktu total 20 menit dalam melakukan permainan ini. 5 menit pertama akan digunakan di dalam air untuk menyesuaikan penggunaan alat dan 15 menit untuk terbang jika sudah mampu mengontrol penggunaan alat dengan baik.

Sebagai tambahan, harga yang anda bayar untuk menikmat permainan Flyboard Bali tersebut juga sudah termasuk biaya pajak, pelayanan dan asuransi keselamatan tentunya. Jadi, anda tidak perlu takut dipusingkan dengan biaya tambahan lainnya. Harga tersebut juga berlaku untuk satu orang dengan booking minimal untuk 1 orang.


Banana Boat

Merupakan permainan air yang menggunakan boat berbentuk pisang. Tidak ada mesin dan tidak ada gas memang tapi banana boat ini ditarik pakai speedboat dengan seutas tali sebagai penghubungnya. Sebelum naik banana boat, Anda diharuskan menggunakan baju pelampung yang sudah disediakan di lokasi. Perlu diketahui, banana boat mampu memuat maksimal 7 orang peserta ditambah 1 orang pemandu. Saat nanti sudah mulai ditengah laut keliling kurang lebih 15 menit kesana kemari sambil goyang-goyang boatnya. Makin ramai makin asyik dan akan semakin asyik ketika kita menjatuhkan diri ke air secara bersamaan.

Usia 6 tahun sudah bisa ikut banana boat, maksimal 65 tahun atau tergantung kondisi fisik. Harga permainan Banan Boat Rp.180.000.


Flying Fish

Permainan watersport flying fish adalah permainan yang berisi peserta 2 orang (tidur tengadah) + 1 pemandu (berdiri bungkuk) yang ada di boat flying fish. Kemudian ditarik oleh speedboat menggunakan tali. Bagai layangan, boat flying fish ini akan terbang berlawanan arah angin sekitar 5 menit. Sensasinya ternyata disini saat diketinggian, karena berada pada posisi tengadah, tentu melihat dan merasakan betul suasananya ditambah lagi saat pendaratan.

Permainan ini sangat berbeda dengan jetski wave runner serta banana boat yang tidak bisa terbang. Dari durasinya juga tidak dihitung menitan melainkan dihitung 2x terbang untuk satu kali permainan, harga flying fish di Tanjung Benoa Bali Rp.350.000.


Wave Runner - Jetski

Jetski adalah kendaraan motor air yang bermesin jet. Penggunanya bisa membawa layaknya membawa sepeda motor. Ada stangnya dan ada gasnya. Cukup hanya menarik gas, jetski sudah langsung bisa ngacir. Uniknya jetski tidak ada rodanya dan remnya. Saat naik, pemandu akan mendampingi. Pemandunya bisa didepan posisinya atau bisa boncengan, jadi tergantung keinginan Anda. 

Durasi permainan Jetski Tanjung Beno Bali 15 menit dan di dampingi pemandu, harga sekali main jetski Rp.350.000 per Orang


Parasailing

Parasailing atau paralayang merupakan permainan sejenis terjun payung yang ditarik oleh speedboat. Beda dengan terjun payung pada umumnya, parasailing pada saat mau terbang akan ditarik dari bibir pantai oleh speedboat (boat berkecepatan tinggi). Di ketinggian, bisa melihat indahnya pantai Tanjung Benoa. Durasi permainan Parasailing 1x putaran dan di dampingi pemandu (khusus anak), untuk harga permainan Parasailing adalah Rp.250.000 per Orang


Rolling donut

Permainan Rolling Donut ini hampir mirip dengan banana boat. Boat berbentuk donut yang kita duduki, ditarik sama speedboat kemudian dibawa ke tengah laut dan sekali-sekali di tarik ulur berbentuk zig-zag dan diputar-putar ditengah laut.

Ketika boat berbentuk donut yang Anda tumpangi ditarik dengan kecepatan tinggi sama speedboat yang kemudian arah speedboatnya tiba-tiba berbelok maka disinilah sensasi “rolling” donut-nya terasa. Bagaikan bandul yang berputar kurang 180 derajat, ketika itulah saat dimana nyali Anda teruji. Saat itulah dimana Anda akan berteriak sekeras-kerasnya dan tertawa lepas sejadi-jadinya. Durasi permainan Rolling donut 15 menit dan di dampingi pemandu, harga tiket permainan Rolling Donut Rp. 250.000.


Scuba Diving

Bagi yang hoby menyelam jangan lupa mencoba wisata scuba diving Tanjung Benoa Bali. Sesuai namanya, aktivitas menyelam atau diving ini berlokasi di pusat wisata bahari di Bali yaitu Tanjung Benoa. Berbeda dengan snorkeling Tanjung Benoa Bali, aktivitas diving bisa menyelam sampai ke dasar laut dalam waktu yang relatif lama karena berbekal tabung oksigen, usia 12 – 65 tahun yang boleh mengikuti aktivitas ini. Pria maupun wanita. Namun bagi wanita hamil dan bagi yang punya gangguan sesak nafas di larang mengikuti permainan ini.

Watersport buka jam 09.00 – 16.00 wita. Waktu yang bagus dan disarankan adalah sebelum jam 12 siang Wita untuk mendapatkan kondisi air yang bagus dan pasang.

Untuk peralatan scuba diving hampir sama dengan snorkeling hanya beda di tabung oksigen. Berikut peralatan scuba diving yang diperlukan:

  • Masker
  • Fins (sepatu katak)
  • Boot
  • Bcd (bouyancy compensator device)
  • Regulator
  • Tank (tabung oksigen)
  • Wetsuit (baju selam)
  • Weight belt (sabuk pemberat

Durasi permainan Scuba diving 1x dive (sekitar 30 menit) dan di dampingi pemandu, dan harga nya Rp. 700.000 per Orang


Seawalker

Jalan-jalan di darat itu sudah biasa, namun bagaimana kalau jalan-jalan di dasar laut? Iya, Seawalker Tanjung benoa Bali jawabannya. Ada yang menyebut open sea, dive walker, marine walking, dll itu semua prinsipnya sama saja yaitu jalan didasar laut sambil menikmati indahnya terumbu karang, ikan, dan biota laut lainnya. Tentu ini akan menjadi pengalaman yang menarik saat berliburan ke Bali.

Wisata bahari bawah laut yang terkenal adalah seawalker Tanjung Benoa Bali. Kawasan ini sangat terkenal akan watersportnya sehingga banyak wisatawan asing maupun lokal tidak menyia-nyiakan waktunya untuk sekedar mampir disini. Minimal usia untuk bisa ikut seawalker adalah 12 tahun dan maksimal 65 tahun. Tapi tidak menutup kemungkinan usia diatas 65 tahun juga bisa ikut tergantung kondisi fisik dan psikisnya.

Seawalker Tanjung Benoa akan membawa Anda menambah pengalaman jalan-jalan di dasar laut menikmati kerumunan ikan yang lucu-lucu, melihat kehidupan terumbu karang, atau bisa jadi melihat habitat biota laut lainnya. Peralatan yang dipakai juga tidak ribet yaitu pakaian renang + sepatu khusus + helm seawalker. Tidak perlu pakai kacamata selam, sepatu katak, ataupun gendong tabung gas kesana kemari :D. Mengenai lisensi? juga tidak perlu. Tidak perlu juga harus bisa berenang karena seawalker memang tidak berenang.

Bagi wanita hamil sangat dilarang ikut seawalker. Juga bagi yang punya gangguan pernafasan kayak sesak nafas, disarankan untuk tidak ikut. Usia yang cocok ikut seawalker: 12 – 65 tahun (minimal tinggi 140 cm). Durasi permainan Seawalker 30 menit dan di dampingi pemandu, harga permainan ini Rp.800.000 per Orang


Snorkeling Tanjung Benoa Bali

Snorkeling merupakan aktifitas berenang hanya dipermukaan air (selam angkal) tanpa menggunakan tabung oksigen. Berbeda dengan Seawalker, Snorkeling Tanjung Benoa Bali menggunakan peralatan renang diantaranya masker selam, snorkel, dan sirip selam (kaki katak).

Usia yang cocok ikut snorkeling: 12 – 65 tahun, durasi permainan Snorkeling 60 menit, harga untuk menikmati permainan ini Rp.350.000 per Orang


Pulau Penyu Bali + GBB di Tanjung Benoa

Ini dia wisata keluarga di Tanjung Benoa Bali. Semua ‘lapisan’ umur bisa ikut dalam aktivitas watersport ini yaitu Glass bottom boat + Pulau penyu Bali. Bagi pencinta penyu, kamu datang ke pulau penyu (turtle island) melalui pantai Tanjung Benoa. Secara geografis, pantai ini terletak di “kaki” pulau Bali sebelah timur. Wilayah ini berada di daerah Nusa dua, Badung. Dari Kuta menempuh jarak sekitar 1 jam memakai mobil.

Dari pantai Tanjung Benoa, kamu naik boat bernama GBB alias Glass bottom boat menuju pulau penyu. Jaraknya sekitar 15 menit. Nah bagi yang belum tahu glass bottom boat Tanjung Benoa, dibawah ini adalah contohnya.

Glass bottom boat adalah boat yang berisi kaca berukuran persegi dibawahnya. Fungsinya untuk bisa melihat biota bawah laut saat boat berada di tengah laut.

Sesampai di lokasi pulau penyu, anda bisa melihat tempat penangkaran penyu, landak, ular, burung elang, dll. Namun sebagian besar di dominasi oleh penyu. Dan jangan lupa membawa kamera atau gadget untuk membuat dokumentasi disini. Tidak ada larangan disini, semua bisa di ambil foto atau video sepuasnya.

Untuk menikmati wisata Pulau Penyu Bali + GBB di Tanjung Benoa adalah Rp.800.000 ( Harga ini adalah harga per-boat bukan harga per-orang. Maksimal dalam 1 boat isinya 10 orang dan bersifat private alias tidak dicampur dengan orang lain ). Harga belum termasuk uang donasi di lokasi pulau penyu. Saat ini uang donasi kena Rp10.000/orang yang sifatnya sukarela untuk dipakai perawatan lokasi.

Tips Membeli Water Sport Tanjung Benoa
Selain hanya menanyakan kepada sopir yang mengantar anda saat liburan di Bali, anda dapat menggunakan media internet untuk mencari penyedia water sport di Tanjung Benoa. Untuk memastikan anda mendapatkan perusahaan yang memiliki pelayanan yang memuaskan dan harga yang kompetitif, gunakanlah Google Indonesia.

Ada alasan kenapa kami meminta anda menggunakan IP dari Google Indonesia.  Setiap browser di komputer akan menyimpan history dari halaman yang anda buka sebelumnya. Dengan menggunakan IP dari Google Indonesia, anda akan mendapatkan listing dari perusahaan yang memiliki peringkat kuat di Google Indonesia. Tanpa terpengaruh dari history dari browser komputer.

Dengan memilih perusahaan yang mendapat peringkat di halaman 1 Google Indonesia, dengan kata kunci watersport Bali, anda akan menemukan website perusahaan watersport di Tanjung Benoa, yang menyediakan pelayanan sesuai yang tertera di website mereka. Tentunya jangan anda memilih website iklan. Baca disini untuk informasi lebih lengkap akan, Tips Membeli Water Sport Tanjung Benoa.

Dengan membeli secara online, anda akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah, dari pada anda datang langsung kelokasi, kemudian membeli di lokasi permainan. Hal ini karena, para agent penyedia Bali water sports, memiliki kontrak harga dengan penyedia layanan water sport di lokasi. Sehingga harga watersport yang anda dapatkan melalui media internet, akan jauh lebih murah, dari pada anda membeli langsung di tempat anda bermain. Diskonnya sampai 70%, lumayan kan untuk hemat biaya liburan di Bali.

Selain itu, usahakan untuk membeli paket watersport Tanjung Benoa, yang ditawarkan oleh di media internet, karena harga jauh lebih murah dari pada membeli satuan dan beberapa perusahaan juga menyediakan fasilitas antar jemput hotel secara gratis, jika anda membeli paket water sport mereka.