Agustus 05, 2016

>> Danau Bedugul Bali, Keindahan Alam yang menyatu dengan Kultur Budaya

Danau Beratan atau juga disebut Danu Bratan terletak di kawasan Bedugul, desa Candikuning, kecamatan Baturiti, kabupaten Tabanan, Bali. Kurang lebih 55 km dari kota Denpasar, Danau Bratan terletak di ketinggian ± 1240 m diatas permukaan laut, temperatur di kawasan danau Beratan (area Bedugul) kurang lebih 18° C pada malam hari dan ± 24° C pada siang hari. 

Danau Beratan mempunyai luas kira-kira 375.6 hektar dengan kedalaman antara 22-48 meter dengan luas keliling kurang lebih 12 km. Danau Bratan adalah danau terluas dan terbesar kedua setelah danau Batur di Bali, yang berfungsi sangat penting sebagai sumber utama irigasi pada daerah yang berada di bagian tengah pulau Bali.

Danau Beratan adalah salah satu dari 20 danau terbaik dan terindah di dunia Liburan Bali, Akomodasi, Panduan Wisata (The World's 20 Most Beautiful Lake, sumber: www.huffingtonpost.com). Danu Bratan sangat dikenal sebagai salah satu daerah tujuan wisata terbaik yang dikunjungi oleh ribuan wisatawan mancanegara maupun domestik, segarnya udara pegunungan dengan pemandangan danau, pura dan gunung yang indah dan jauh dari kebisingan kota membuat tempat ini menjadi tempat wisata favorit dan objek wisata yang direkomendasikan untuk dikunjungi selama liburan di pulau dewata. 

Di kawasan danau juga difasilitasi dengan akomodasi yang memadai seperti hotel, villa, restoran untuk kenyamanan pengunjung. Bagi anda yang suka dengan wisata air, di kawasan danau Beratan juga terdapat permainan air seperti parasailing, bermain kano ataupun jetski. Pada bagian timur dari danau Bratan terdapat sebuah gunung yang disebut gunung Catur (orang Bali menyebutnya Pucak Mangu) sebagai tempat yang sangat bagus untuk hiking, dan tidak jauh dari kawasan danau juga terdapat tempat wisata yang menarik lainnya seperti kebun raya Eka Karya Bedugul, pasar buah dan sayur-sayuran Bedugul, dan ada juga danau Buyan dan danau Tamblingan.


Daya Tarik Danau Bedugul
Nama danau ini nama aslinya bukan danau Bedugul, melainkan danau Beratan/Bratan. Namun karena masuk wilayah kawasan wisata Bedugul, maka banyak wisatawan lebih familiar menyebut nama danau Beratan/Bratan dengan nama danau Bedugul.

Daya tarik utama danau Bratan terletak pada:

  • Pemandangan Pura yang berada di tengah danau. Nama puranya, Pura Ulun Danu Bratan.
  • Udara sejuk daerah pegunungan. Karena danau Bratan berlokasi pada ketinggian sekitar 1.239 meter di atas permukaan air laut.
  • Didalam areal kawasan danau Bratan terdapat pemandangan warna-warni bunga, pepohonan cemara yang rindang dan hijaunya rerumputan.
  • Terdapat rusa dan kijang.
  • Tersedia fasilitas parkir yang memadai, toilet, dan taman bermain untuk anak-anak.


Pura Ulun Danu Beratan
Pura Ulun Danu Beratan, pura yang sangat unik karena lokasi dari pura berada di tengah danau. Jika anda pernah memperhatikan gambar lembaran mata uang Rp 50.000, terdapat gambar pura Danu Beratan.

Pura Ulun Danau Beratan, bangunan puranya sangat mencirikan khas Bali. Yaitu bangunan pura yang memiliki atap bertingkat, menara dengan atap 11 tingkat, 7 tingkat, dan 3 tingkat. Menara tersebut menyimbulkan kepercayaan umat Hindu di Bali, terhadap tiga dewa, yakni:

  • Dewa Wisnu (11 tingkat).
  • Dewa Brahma (7 tingkat)
  • Dewa Siwa (3 tingkat).


Aktivitas Wisatawan
Aktivitas favorit wisatawan saat liburan ke danau Beratan Bedugul adalah foto dengan latar belakang pura tengah danau. Karena saking banyaknya wisatawan yang ingin memiliki foto dengan latar belakang pura, anda akan kesulitan untuk mengambil foto tanpa ada orang di samping anda. Cara menyiastinya adalah datang lebih pagi.

Selain mengambil foto, banyak wisatawan menyewa perahu speed boat menggunakan motor untuk mengelilingi danau, agar dapat menikmati pemandangan danau dari jarak dekat. Danau Beratan memiliki kedalaman air hingga 23 meter.

Objek wisata danau Buyan.

Tempat Wisata Yang Searah & Berdekatan
Objek wisata danau Beratan Bedugul berdekatan dengan objek wisata menarik yang lain seperti:
  • Kebun Raya Bedugul terkenal dengan berbagai macam tanaman buah, kebun yang tertata rapi, pohon-pohon menjulang tinggi, serta udara yang sangat sejuk. Di kawasan wisata kebun Raya Bedugul, terdapat aktivitas wisata petualangan yang digemari anak-anak. Nama aktivitasnya, Bali treetop. Kebun Raya Bedugul, lokasinya sekitar 300 meter dari danau Beratan Bedugul.
  • Handara Golf Resort Bali. Yang berjarak sekitar 3,5 kilometer dari lokasi danau Beratan Bedugul.
  • Objek wisata danau Buyan.
  • Objek wisata danau Tamblingan.
  • Kebun stroberi Bedugul.
  • Joger Bedugul.

Diatas adalah objek wisata yang berdekatan dengan danau Beratan Bedugul. Lalu apa saja tempat wisata di Bali, yang searah dengan objek wisata danau Beratan Bedugul, jika anda menginap di Bali selatan?

Berikut ini daftar tempat wisata Bali yang searah dengan Bedugul.

  • Pemandian Air Panas Angseri.
  • Air Panas Penatahan.
  • Alas Kedaton. Objek wisata Alas Kedaton kawasan hutan lindung, yang dihuni banyak kera, namun sudah jinak. Di dalam hutan terdapat sebuah pura Hindu yang bernama pura Alas Kedaton.
  • Pura Taman Ayun adalah sebuah komplek pura Hindu dan di sekitar areal pura terdapat taman air yang sangat indah dan tertata rapi.
  • Pura Tanah Lot.

Rusa Di Bedugul

Cara Terbaik Menuju Lokasi
Ada banyak cara yang wisatawan gunakan untuk menuju lokasi dari objek wisata danau Beratan Bedugul. Namun karena letak lokasinya sangat jauh dari tempat wisata Bali selatan, maka banyak wisatawan memilih untuk menggunakan jasa rental mobil murah di Bali dengan supir.

Namun bagi wisatawan yang tidak ingin ribet mengurus rencana liburan, biaya tiket masuk, serta biaya makan. Lebih cendrung akan memilih mencari jasa Bali paket tour. Saat ini di pulau Bali, banyak tersedia penyedia jasa paket tour salah satunya adalah paket tour berlibur ke danau Beratan Bedugul.

Warung- warung kecil maupun restoran dengan berbagai menu yang menarik juga dekat dikawasan ini. Bagi wisatawan yang ingin berlama-lama, dapat memilih penginapan yang sesuai dengan isi kantong. Sangat cocok jika berlibur ke Bali bersama teman maupun keluarga.


Harga Tiket Masuk Danau Beratan Bedugul
Jika pembaca hanya sebatas ingin melihat pemandangan danau Beratan, anda dapat berhenti dipinggir Jalan Raya Candi Kuning Bedugul. Dari pinggir jalan, anda dapat dengan jelas melihat pemandangan danau Beratan.

Namun jikaanda ingin masuk ke areal pura Ulun Danu Bratan, untuk dapat berfoto dengan latar belakang pura di tengah danau. Anda akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000 / orang. Sedangkan biaya parkir sebesar Rp 5.000 / mobil.

Alamat & Peta Lokasi
Mencari lokasi Pura Ulun Beratan sangat mudah, karena berada di pinggir jalan raya yang menghubungkan wilayah Kabupaten Tabanan dengan Kabupaten Buleleng. Alamat lengkapnya, Jalan Raya Candi Kuning – Bedugul, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan.

Jika anda berangkat dari tempat wisata Kuta Bali, untuk mencapai lokasi akan memerlukan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan, dengan jarak tempuh 60 kilometer.

Mungkin ada dari anda akan bertanya, kenapa lama sekali perjalanannya? Penyebab waktu tempuh sekitar 2 jam dari Kuta menuju lokasi danau Beratan, karena jalan yang dilewati masih 2 jalur berlawanan. Selain itu, karena lokasi berada di daerah pegunungan, maka jalan tanjakan akan banyak anda temui selama perjalanan.