Agustus 05, 2016

>> Tujuan Wisata terkenal Bali " Garuda Wisnu Kencana " GWK

Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana, disingkat GWK, adalah sebuah taman wisata di bagian selatan pulau Bali. Taman wisata ini terletak di tanjung Nusa Dua, Kabupaten Badung, kira-kira 40 kilometer di sebelah selatan Denpasar, ibu kota provinsi Bali. Di areal taman budaya ini, direncanakan akan didirikan sebuah landmark atau maskot Bali, yakni patung berukuran raksasa Dewa Wisnu yang sedang menunggangi tunggangannya, Garuda, setinggi 120 meter.

Tempat wisata di Bali GWK adalah sebuah taman budaya yang memiliki luas 240 hektar. Lokasi dari GWK Bali berada di Jalan Raya Uluwatu, Desa Ungasan, Kuta Selatan
, Kabupaten Badung 80364. Jika anda datang dari Airport Ngurah Rai, menuju lokasi dari tempat wisata di Bali GWK, hanya membutuhkan waktu 15 – 20 menit. Tentunya dalam keadaan lalu lintas lancar.

Patung Garuda Wisnu Kencana berlokasi di Bukit Unggasan - Jimbaran, Bali. Patung ini berdiri menjulang di dalam kompleks Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana dan merupakan karya pematung terkenal Bali, I Nyoman Nuarta.
  • Alamat: Jalan Raya Uluwatu, Kabupaten Badung, Bali
  • Jam buka: Hari ini buka · 08.00–22.00
  • Provinsi: Pulau Bali
  • Telepon: (0361) 700808
Area Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana berada di ketinggian 146 meter di atas permukaan tanah atau 263 meter di atas permukaan laut.

Daya tarik utama wisatawan berlibur ke Bali GWK culture park adalah untuk melihat patung Garuda Wisnu. Dibangun dan di ukir oleh pengukir dan pematung terkenal bernama, I Nyoman Nuarta. Patung Garuda Wisnu memiliki rencana awal akan di bangun dengan tinggi 126 meter dan lebar 60 meter. Tapi sampai saat ini, tinggi patung hanya 20 meter, pembangunan patung Garuda Wisnu sampai saat ini belum selesai.


Garuda Wisnu Kencana memiliki konsep tujuan menjadikan GWK Bali sebagai sebuah tempat wisata terkenal di Bali, yang menawarkan salah satu karya seni patung terbesar dan karya yang paling menakjubkan. Tentunya dengan karya seni yang mencerminkan nilai budaya lokal Bali.

Selain patung Garuda Wisnu, di tempat wisata Bali GWK culture park ini, para pengunjung dapat menikmati pemandangan dari matahari terbenam. Tidak hanya pemandangan indah saja yang anda dapat liat di kawasan wisata GWK, tempat wisata ini juga menawarkan beraneka ragam acara hiburan dari pagi hari, sampai malam hari.


Di kawasan itu terdapat juga Patung Garuda yang tepat di belakang Plaza Wisnu adalah Garuda Plaza di mana patung setinggi 18 meter Garuda ditempatkan sementara. Pada saat ini, Garuda Plaza menjadi titik fokus dari sebuah lorong besar pilar berukir batu kapur yang mencakup lebih dari 4000 meter persegi luas ruang terbuka yaitu Lotus Pond. Pilar-pilar batu kapur kolosal dan monumental patung Lotus Pond Garuda membuat ruang yang sangat eksotis. Dengan kapasitas ruangan yang mampu menampung hingga 7000 orang, Lotus Pond telah mendapatkan reputasi yang baik sebagai tempat sempurna untuk mengadakan acara besar dan internasional.

Terdapat juga patung tangan Wisnu yang merupakan bagian dari patung Dewa Wisnu. Ini merupakan salah satu langkah lebih dekat untuk menyelesaikan patung Garuda Wisnu Kencana lengkap. Karya ini ditempatkan sementara di daerah Tirta Agung.

Garuda Wisnu Kencana mempunyai beberapa tempat rekreasi di antaranya:


Wisnu Plaza
Wisnu Plaza merupakan area tertinggi di kawasan GWK, karena lokasinya yang paling tinggi, anda dapat melihat bentangan panorama alam sekitarnya. Patung Wisnu, sebagai titik pusat dari Wisnu Plaza, dikelilingi air mancur dan air sumur yang dianggap suci, konon katanya tidak pernah kering bahkan pada musim kemarau.

Street Theater
Street Theater adalah titik awal dan akhir kunjungan ke Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana. Di sini kita dapat menemukan banyak toko dan restoran dalam satu area.

Anda bisa mendapatkan souvenir Bali dan merchandise di GWK Souvenir Shop dan Bali Art Market. Anda bahkan dapat menemukan spa Bali dan produk aromaterapi di toko ini. Anda juga bisa berwisata kuliner dengan aneka ragam makanan khas.

Lotus Pond
Lotus Pond adalah area outdoor terbesar di area Garuda Wisnu Kencana (GWK) dan Taman Budaya di Bali. Lotus Pond merupakan lokasi untuk mengadakan acara outdoor skala besar.

Selama bertahun-tahun, GWK telah dipercaya untuk mengadakan event berskala besar, baik nasional maupun internasional, event yang digelar di area Lotus Pond seperti konser musik, pertemuan internasional, munas partai besar, dll. Lotus Pond merupakan tempat unik dengan pilar batu kapur dan patung megah Garuda di latar belakang.

Indraloka Garden
Indraloka Garden adalah salah satu tempat paling favorit. Anda bisa melihat pemandangan Bali dari atas Indraloka Garden

Amphitheatre
Amphitheatre adalah panggung outdoor untuk pertunjukan khusus dengan akustik yang dirancang dengan baik. Setiap sore Anda bisa menonton tari Kecak yang terkenal dan gratis yaitu sekitar pukul 18.30 s/d 19.30 WITA. Bahkan Tari Kecak ini dapat dikolaborasikan dengan tarian daerah lainnya.

Tirta Agung
Tirta Agung adalah bagian dari patung Garuda Wisnu Kencana, di area ini anda dapat mengunjungi patung Tangan Wisnu

Untuk menuju ke lokasi objek wisata GWK Bali, ada banyak cara. Mungkin dengan naik taksi dan meminta supir taksi mengantar anda atau dengan mengendari kendaran anda sendiri.

Tapi jika anda tidak ingin ribet mencari tempat parkir dan biasanya di GWK cenderung tempat parkirnya penuh, terutama pada saat musim ramai. Tidak suka mengemudi di kemacetan dan berencana untuk wisata ke tempat wisata di Bali yang lain, seperti pantai Dreamland dan objek wisata Uluwatu, kami sarankan anda mencari jasa sewa mobil plus supir di Bali.

Dengan menggunakan jasa sewa mobil di Bali dengan sopir. Pada saat anda sudah selesai menikmati liburan di tempat wisata GWK Bali. Anda dapat langsung menghubungi supir anda, untuk menjemput di tempat anda mau keluar dari Garuda Wisnu Bali. Hal ini jauh lebih nyaman dari pada anda menyetir mobil sendiri.


Jam Buka, Harga Tiket Masuk & Jadwal Tari Kecak GWK Bali
Tempat wisata di Bali GWK di buka dari jam 08:00 – 22:00, untuk biaya tiket masuk ke GWK, per tanggal 29 Januari 2016 anda akan dikenakan:

  • Rp 60.000 / 1 Dewasa.
  • Rp 60.000 / Mahasiswa.
  • Rp 50.000 / 1 Anak (tinggi badan diatas 100 cm).
  • Rp 50.000 / 1 orang pelajar (SMU/SMP/SD)
  • Gratis untuk anak-anak dengan tinggi badan dibawah 100 cm.

Salah satu tempat yang menyediakan pertunjukan tari kecak di Bali setiap hari adalah objek wisata Garuda Wisnu Kencana Bali. Jadwal pertunjukan tari Kecak GWK Bali dimulai dari jam 18:30 – 19:15. Untuk menonton tari Kecak di GWK anda tidak dikenakan biaya atau gratis.


Jadwal Event Tempat Wisata Di Bali GWK


JAMACARA HARIANTEMPAT
10.00 - 10.40Tari Barong & KerisAmphitheatre
11.10 - 11.50Pementasan Tari BaliAmphitheatre
11:00 - 15:00Instrument RindikJendela Bali
12:10 - 12:50Pementasan Tari BaliAmphitheatre
13:10 - 13:50Ballet Garuda WisnuAmphitheatre
14:00 - 14:40Pementasan Tari Bali Barong, Kera, RangdaAmphitheatre
15:00 - 15:40Pementasan Tari BaliAmphitheatre
16:10 - 17:20Parade Budaya BaliStreet Theatre, Plaza Wisnu, Lotus Pond
17:30 - 18:30Tari Joged BumbungStreet Theatre
18:00 - 18:20Parade Penari KecakStreet Theatre, Plaza Wisnu, Lotus Pond
18:30 - 19:15Pementasan Tari KecakAmphitheatre
19:00 - 21:00Pementasan musik akustik oleh Trio AcousticRestoran The New Beranda / Jendela Bali

Catatan:

  • Parade budaya Bali, tari Joged Bumbung dan parade penari Kecak, tergantung dari cuaca.
  • Semua jenis pertunjukan diatas, sudah termasuk dalam harga tiket masuk GWK Bali.