Agustus 11, 2016

>> Obyek Wisata Umbul Sidomukti, Ungaran - Jawa Tengah

Objek wisata kawasan Umbul Sidomukti merupakan salah satu Wisata Alam Pegunungan di Semarang, tepatnya berada di Desa Sidomukti Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Wisata alam Umbul Sidomukti Bandungan terletak di lereng sebelah selatan Gunung Ungaran pada ketinggian kurang lebih 1.200 mdpl, sebuah kawasan yang masih berada di wilayah Kabupaten Semarang. Pada ketinggian ini bisa anda bayangkan udara yang begitu sejuk akan memanjakan para pengunjung.

Bagi anda para Pecinta Alam mungkin Kawasan wisata alam ini cocok bagi anda, kawasan wisata alam  umbul sidomukti juga cocok untuk keluarga dan teman teman sekolah maupun untuk temen kantor, karena wisata alam yang ada di kabupaten semarang ini didukung dengan Fasiltas & Servis : Outbond Training, Adrenalin Games, Taman Renang Alam, Camping Ground, Pondok Wisata, Pondok Lesehan, serta Meeting Room.

Kolam renang Umbul Sidomukti dialiri air alami yang terus mengalir dan berair jernih. Memiliki 3 buah kolam yang bisa dipilih menurut kedalaman dan diapit oleh dua jurang. Bisa dibayangkan sensasi berenang sembari melihat pemandangan hijau luas terbentang yang berada dibawah kita. Konon air yang berada di Umbul Sidomukti ini mengandung kasiat awet muda.

Selain berenang, fasilitas wisata outbond juga perlu anda coba seperti halnya Flying fox dengan panjang lintasan 110 meter, dengan jarak ketinggian dari titik terendah lembah sekitar 70 meter. Flying fox ini menyeberangi lembah, jadi seakan berpindah dari lereng bukit ke bukit di seberang dengan bergantung pada dua utas tali dan pengaman serta helm. Seperti biasa, flying fox dapat dilakukan dengan memilih gaya terlungkup seperti superman sedang terbang, atau gaya duduk biasanya. Tarif karcis flying fox lembah ini hanya Rp.15.000, tak mahal untuk sekedar menguji keberanian.

Tiket parkir mobil Rp. 2.000. Tiket masuk untuk hari biasa 4.000 rupiah per orang dan 5.000 rupiah pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur. Ingin mencoba marine bridge? Siapkan 10.000 untuk tiketnya. Rp. 6.000 untuk rapeling, dan Rp. 15.000 – Rp. 20.000 untuk 3x putaran ATV. Selain tiket reguler, pengelola juga menawarkan paket untuk kelompok berisi minimum 20 orang untuk corporate event seperti trekking.

Akses & Lokasi Wisata Umbul Sidomukti Ungaran
Umbul Sidomukti ini terletak di Desa Sidomukti Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang Jawa Tengah. Untuk menuju ke kawasan Wisata Ungaran ini ada dua jalur umum yang dilalui yaitu jalur pertigaan pom bensin Lemah Abang dan jalur Ambarawa. Bila anda datang dari arah Kota Yogyakarta, maka sesampainya di Ambarawa anda mesti belok ke kiri arah Bandungan Sampai di Bandungan ambil jalan yang ke kanan untuk menuju ke arah Pasar Jimbaran. Dari pasar itu anda bisa sewa ojek kalau tidak bawa kendaraan pribadi. Kondisi jalan dari Pasar Jimbaran ke tempat wisata alam Umbul Sidomukti sangat sempit dan menanjak. Kalau bawa mobil sendiri harus benar-benar hati-hati terutama saat mau berpapasan.

Sedangkan kalau anda datang dari arah Semarang dan Solo, maka sesampainya di pertigaan pom bensin Lemah Abang anda mesti belok jalan depan pom bensin agar bisa sampai Pasar Jimbaran. Kalau mau naik angkutan umum, dari Semarang naiklah bus jurusan Bandungan. Kalau dari Solo anda bisa naik bis jurusan Solo-Semarang turun di gerbang arah Bandungan.

Bus ukuran besar tidak bisa masuk ke area ini karena jalannya sempit, bus mini atau bis ukuran kecil untuk masuk perlu sopir dengan kemampuan sangat bagus.

Fasilitas dan Akomodasi Umbul Sidomukti Ungaran
Fasilitas di Umbul Sidomukti ini sangatlah lengkap, dari tempat penginapan yang bisa dipilih menurut selera dan anggaran serta tempat kuliner yang menyediakan beraneka ragam makanan.