Agustus 13, 2016

>> Taman Marga Satwa Ragunan Jakarta, Wisata Terbaik untuk Keluarga

Kebun Binatang Ragunan adalah sebuah kebun binatang yang terletak di daerah Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Indonesia. Kebun binatang seluas 140 hektare ini didirikan pada tahun 1864. Di dalamnya, terdapat berbagai koleksi yang terdiri dari 295 spesies dan 4040 spesimen.

Ragunan sempat ditutup selama sekitar tiga minggu sejak 19 September 2005 karena hewan-hewan di dalamnya ada yang terinfeksi flu burung, namun dibuka kembali pada 11 Oktober 2005.



Sejarah
Kebun Binatang Ragunan adalah kebun binatang pertama di Indonesia. Kebun binatang ini didirikan pada tahun 1864 dengan nama Planten En Dierentuin yang berarti "Tanaman dan Kebun Binatang." Terletak pada tanah seluas 10 hektare di kawasan Cikini, Menteng, Jakarta Pusat yang merupakan pemberian Raden Saleh. Saat itu, Planten En Dierentuin dikelola oleh Perhimpunan Penyayang Flora dan Fauna Batavia yang tergabung dalam Culturule Vereniging Planten en Dierentuin at Batavia.

Tahun 1949, nama Planten En Dierentuin diubah menjadi Kebun Binatang Cikini dan pada tahun 1969 dipindahkan ke kawasan Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan pada tahun 1964. Pemerintah DKI Jakarta menghibahkan lahan seluas 30 hektaree yang menjadi rumah bagi kebun binatang ini. Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin meresmikan Taman Margasatwa Ragunan pada 22 Juni 1966.

Kebun binatang Ragunan ini dapat menjadi alternatif pilihan liburan hemat bersama keluarga karena dari segi tiket pun sangat terjangkau untuk semua kalangan. Selain itu, tempat wisata ini pun dapat menjadi sarana pembelajaran untuk anak anda karena secara tidak langsung anda mengenalkan beberapa jenis fauna dan juga flora yang ada di kebun binatang tersebut.



Spesies Burung di Kebun Binatang Ragunan
Kebun binatang Ragunan merupakan Pusat Primata Schmutzer dan tujuan dibangunnya pusat ini adalah sebagai habitat alami untuk para primata. Perlu untuk anda ketahui bahwa di kebun binatang Ragunan tersebut hidup sekitar 295 spesies dan 4040 spesimen di mana sebagian besar terancam punah. Adapun beberapa jenis binatang yang dapat anda jumpai ketika berkunjung ke tempat wisata ini yaitu harimau, komodo, orang utan dan masih banyak lagi.

Menunggangi Gajah di Kebun Binatang Ragunan
Apalagi jika anda berkunjung ke tempat ini pada hari libur nasional seperti mendekati hari raya Idul Fitri, di tempat ini akan ada festival tambahan yang khusus disiapkan untuk pengunjung. Misalnya onta tunggang, kuda tunggang dan juga gajah tunggang. Namun, tentunya ada biaya tambahan jika anda ingin melihat atraksi ini. Selain itu, pada musim liburan pun anda harus rela antri untuk membeli tiket karena sudah dipastikan pengunjung akan meningkat drastis.

Bagi anda yang ingin berwisata ke kebun binatang Ragunan, tetapi belum tahu akses untuk menuju tempat tersebut, anda tidak perlu khawatir karena pada dasarnya tempat ini mudah untuk dijangkau. Kebun binatang ini terletak dekat dengan Jakarta Outer Ring Road dan dapat anda jangkau secara mudah dengan naik bus trans Jakarta.


Sebagai salah satu kebun binatang terbesar di Indonesia, Kebun Binatang Ragunan juga tentu saja menawarkan wisata alam dan satwa lengkap dengan segala fasilitasnya. Di tempat wisata di Jakarta yang satu ini pengunjung akan bisa dengan puas melihat berbagai macam koleksi binatang langka. Karena selain sebagai taman wisata kebun binatang ini juga memiliki fungsi sebagai taman konservasi bagi berbagai satwa langka yang hampir punah. Selain aneka macam satwa yang ada di sini, tempat ini juga menjadi hunian bagi ribuan jenis tanaman dari berbagai ukuran dari yang kecil sampai dengan pepohonan yang berukuran sangat besar. Itulah sebabnya tempat ini selalu terkesan sejuk dan adem walaupun pada siang hari matahari bersinar terik dan menyengat.

Bagi anda yang bermukim di Kota Jakarta dan sekitarnya, tentu saja sudah sangat akrab dengan tempat wisata di Jakarta yang satu ini. Bisa jadi karena sering juga melewati Ragunan Zoo ini setiap harinya. Namun bagi anda yang berasal dari kota-kota lain di Indonesia, informasi mengenai lokasi Kebun Binatang Ragunan mungkin cukup penting bagi anda. Ragunan Zoo beralamatkan di Jalan Harsono RM. nomor 1, di kawasan Kelurahan Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Lebih tepatnya jika anda memiliki fasilitas peta GPS anda bisa mencari lokasi Ragunan Zoo di koordinat 6,3°LS 106,8°BT. Untuk mencapai lokasi ini para pengunjung bisa datang dengan menggunakan berbagai transportasi baik transportasi pribadi maupun transportasi umum. Untuk kendaraan umum, ada banyak sekali alternatif kendaraan umum yang bisa digunakan menuju ke tempat ini dengan tarif yang cukup murah



Daftar Harga Tiket Masuk Ragunan Jakarta
Bagi anda yang berniat berkunjung ke Kebun Binatang Ragunan, ada sejumlah harga tiket masuk Ragunan yang mesti dibayarkan. Tetapi jangan khawatir karena pengelola telah menetapkan harga tiket masuk Ragunan yang sangat murah sekali dan sangat terjangkau sekali. Dan dengan membayar tiket masuk tersebut anda sudah bisa berkeliling melihat berbagai koleksi flora dan fauna langka yang ada di tempat ini dengan sangat puas.

Berikut ini daftar harga tiket masuk Ragunan Jakarta :
Anak-anak :  Rp.3000;
Dewasa      :  Rp.4000;

Dan bagi anda yang datang ke Kebun Binatang Ragunan ini dengan membawa kendaraan pribadi, ada tarif parkir khusus yang akan dikenakan bagi anda. Berikut ini daftar harga tiket masuk Ragunan khusus untuk tarif parkir :
Sepeda                  : Rp.1000;
Motor                    : Rp.3000;
Mobil                    : Rp.6000;
Minibus/ Pick up  : Rp.12.000;
Bus Besar/ Truk   : Rp.15.000;



Daftar Harga Tiket Masuk Ragunan Zoo – Pusat Primata Schmutzer
Selain kebun binatang, di tempat ini juga terdapat sebuah area konservasi khusus bagi Orang Utan. Nama dari tempat konservasi Orang Utan ini adalah Pusat Primata Schmutzer. Dan lokasi dari Pusat Primata Schmutzer ini juga berada di dalam kawasan Kebun Binatang Ragunan. Namun untuk bisa masuk dan melihat kehidupan orang utan di dalam area Pusat Primata Schmutzer ini para pengunjung akan dikenakan biaya tiket tambahan khusus untuk Pusat Primata Schmutzer, diluar dari harga tiket masuk Ragunan yang telah dibayarkan. Berikut ini harga tiket masuk Ragunan khusus untuk tiket Pusat Primata Schmutzer :
Senin - Jum'at     : Rp.6000;
Sabtu - Minggu  : Rp.7500;