Agustus 05, 2016

>> Pantai Jimbaran Bali, Pantai terindah Berpasir Putih

Jimbaran adalah sebuah kelurahan yang terdiri dari 12 banjar adat dan 1 banjar dinas di wilayah Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Lokasi wilayah ini berdekatan Sanur dan Nusa Dua serta Bandara Internasional Ngurah Rai.

Desa adat Jimbaran pada mulanya merupakan kampung nelayan serta petani. Semenjak di wilayah pantai Jimbaran muncul banyak tempat makan hasil laut (seafood) yang pertama di Bali selatan serta beberapa hotel bertaraf internasional, kini mata pencaharian penduduk lokal lebih ke arah pariwisata.

Lokasinya sekitar 30 menit dari kota Denpasar dan 10 menit dari bandara Ngurah Rai, melalui jalan By Pass Ngurah Rai ke arah selatan jika tidak terjadi kemacetan. Lokasinya juga searah dengan tempat wisata air Tanjung Benoa dan kawasan hotel berbintang di Nusa Dua. 

Lokasi pantai letaknya, berdekatan dengan pantai Kedonganan yang sebagian masyarakatnya, memiliki mata pencaharian sebagai nelayan. Berbagai jenis ikan segar hasil tangkapan para nelayan, dijual di kedua pantai ini. Latar belakang sebagai desa pusat pelelangan ikan di wilayah Kabupaten Badung, memberi inspirasi warganya untuk membangun restoran di tepi pantai.

Pantai Pasir Putih

Pantai Jimbaran Bali adalah salah satu pantai pasir putih di pulau Bali yang sangat terkenal, pasirnya halus dan berwarna putih ke kuning – kuningan. Kebersihan di pantai ini selalu terjaga, karena ada petugas kebersihan yang bertugas membersihkan areal pantai.

Di sepanjang pinggir pantai banyak dibangun hotel, spa dan villa. Seperti hotel Intercontinental dan Four Seasons Jimbaran, pihak hotel juga selalu menjaga kebersihan di tepi pantai, dengan mengadakan acara gotong royong membersihkan pantai dari sampah.

Dengan pemandangan pantainya yang indah, memiliki pasir putih serta pemadangan matahari terbenam, maka banyak hotel dipinggir pantai, sering menggelar berbagai acara di tepi pantai ini. Dari tepi pantai anda dapat melihat bandara Ngurah Rai, yang merupakan satu-satunya bandara berstandar international di Bali.

Restoran di tepi pantai Jimbaran atau lebih familiar dengan sebutan cafe, menawarkan hidangan laut dengan bermacam - macam olahan. Misalnya ikan bakar, cumi - cumi, kerang bakar, lobster dan udang.

Hidangan laut disajikan dilengkapi dengan nasi, sayur plecing, sambal, lengkap dengan es kelapa muda. Para pengunjung bebas menentukan seberapa banyak ikan yang diinginkan. Biasanya sebelum diolah dihitung per gram dari masing – masing jenis hidangan laut yang diinginkan. Harga makanan di pantai Jimbaran Bali pun bervariasi, tergantung dari menu seafood yang dipilih.

Atraksi wisata air tidak ditawarkan di pantai ini, karena adanya peraturan dilarangnya aktivitas water sport yang menggunakan mesin di tempat wisata Jimbaran Bali. Di pantai ini juga terdapat pedagang barang kerajinan khas Bali, warung makanan kecil, dan tukang pijat di tepi pantai.

Pemandangan Sunset

Di sore hari menjelang malam, tempat wisata Jimbaran ramai dikunjungi wisatawan, baik wisatawan mancanegara dan domestik. Areal parkir restoran cukup luas dan dikelola oleh penduduk setempat, jadi anda tidak akan kesulitan untuk mencari tempat parkir.

Sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke objek wisata Jimbaran, selain mencari hidangan laut khas Bali, ada tujuan lain yaitu melihat pemadangan matahari terbenam atau sunset. Suasana pemadangan sunset sambil menyantap hidangan laut yang lezat, desiran lembut ombak di pantai dengan pasir putihnya, daya tarik utama dari tempat wisata Jimbaran.

Menikmati hidangan masakan khas Jimbaran seafood sambil menikmati suasana indahnya sunset, akan menjadikan liburan anda di Bali sangat terkesan. Pantai ini lebih cocok dikunjungi pada saat sore hari, untuk di pagi hari lebih cocok untuk berwisata ke pantai Tanjung Benoa sambil menikmati rekreasi wisata air Bali water sport Tanjung Benoa.

Hampir setiap hari, tempat wisata di Jimbaran tidak pernah sepi akan pengunjung. Oleh karena itu sebagian besar penyedia jasa paket liburan murah di Bali, akan menyediakan rute tour berkunjung ke tempat wisata di sekitar Jimbaran Bali.

Cara Terbaik Ke Pantai Jimbaran

Tentunya jika anda menginap di kawasan tempat wisata Kuta, anda akan memerlukan sarana transportasi untuk menuju tempat wisata Jimbaran. Menggunakan taksi salah satu cara terbaik ke objek wisata Jimbaran, tentunya jika anda dari hotel langsung menuju pantai. Biaya taksi dari kawasan Kuta ke Jimbaran kurang lebih Rp 100.000 per satu taksi.

Bagi anda yang ingin mengunjungi lebih dari satu tempat di Jimbaran, menggunakan jasa rental mobil dengan sopir di Bali jauh lebih baik dari pada menggunakan taksi, apa lagi anda menginap di kawasan wisata Canggu, Ubud atau Sanur.

Kenapa kami katakan lebih baik mengunakan jasa sewa mobil + driver di Bali dari pada menggunakan taksi. Karena biaya transportasi dengan jasa sewa mobil plus sopir di Bali menjadi lebih murah, penyebabnya jarak tempuh yang jauh dan waktu yang dipakai, membuat biaya menggunakan taksi lebih mahal.

Lokasi Google Map Pantai Jimbaran bali.