Agustus 05, 2016

>> Pura Besakih Bali Menyajikan Keindahan dan Wisata Rohani

Pura Besakih adalah sebuah komplek pura yang terletak lereng Gunung Agung yaitu Gunung tertinggi di Bali, lokasinya Desa Besakih, Kecamatan Rendang Kabupaten Karangasem, Bali, Indonesia. Komplek Pura Besakih terdiri dari 1 Pura Pusat (Pura Penataran Agung Besakih) dan 18 Pura Pendamping (1 Pura Basukian dan 17 Pura Lainnya). Di Pura Basukian, di areal inilah pertama kalinya tempat diterimanya wahyu Tuhan oleh Hyang Rsi Markendya, cikal bakal Agama Hindu Dharma sekarang di Bali, sebagai pusatnya. Pura Besakih merupakan pusat kegiatan dari seluruh Pura yang ada di Bali. 

Di antara semua pura-pura yang termasuk dalam kompleks Pura Besakih, Pura Penataran Agung adalah pura yang terbesar, terbanyak bangunan-bangunan pelinggihnya, terbanyak jenis upakaranya dan merupakan pusat dan semua pura yang ada di komplek Pura Besakih. Di Pura Penataran Agung terdapat 3 Candi utama dan merupakan intisari dan seluruh bangunan suci (palinggih) yang ada pada kompleks Pura Agung Besakih. Padmasana-Tiga adalah symbol dari stana tuhan sesuai dengan sifat Tri Murti yaitu Dewa Brahma sebagai Pencipta, Wisnu sebagai Pemelihara  dan Siwa sebagai Pelebur. Pura Besakih berasal dari zaman sangat tua, karena banyaknya peninggalan –peninggalan zaman megalitik, seperti menhir, tahta batu, struktur teras pyramid yang ditemukan dikawasan Pura Besakih, keberadaannya dijaga lestari sampai sekarang ini.

Pura Besakih masuk dalam daftar pengusulan Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1995.

Jika anda seorang wisatawan dan akan berkunjung ke kawasan Pura, anda harus ditemani oleh seorang pemandu/ guide lokal, mereka membetuk sebuah organisasi pemandu untuk kawasan Besakih, dan untuk jasa mereka ini, akan dikenakan biaya tambahan, biasanya berkisaran dari harga Rp 50.000-100.000, tergantung jumlah peserta.

Terdapat sejumlah layanan transportasi menuju ke objek wisata di Bali ini, seperti taksi, layanan sewa mobil bisa anda sewa berikut supir, serta paling populer ikut paket tour yang sudah disediakan, tidak perlu pusing memikirkan biaya parkir, tiket masuk dan juga makan siang, tempat tujuan tour juga sudah diagendakan, tapi jika anda punya pilihan rute sendiri juga bisa diatur.

Dan perlu dicatat setiap pengunjung yang memasuki areal suci di Bali, apalagi pura besar seperti Besakih diwajibkan untuk memakai kain dan selendang, dilokasi disediakan penyewaanya, atau bisa bawa sendiri. Pantangan bagi perempuan disaat sedang datang bulan untuk memasuki areal pura. 

Kalau anda sewa mobil di Bali ataupun ikut tour ke tempat ini, perjalanan dari bandara sekitar 2.5 jam perjalanan menuju arah Timur. Areal Pura Besakih sangatlah luas, jika anda berkeinginan untuk mengetahui lebih banyak Pura Besakih ini, mungkin anda harus menghabiskan waktu hampir 1 jam untuk berkeliling di areal ini.Tempat atraksi berdekatan dengan Besakih, menawarkan atraksi menantang adalah site rafting yang terkenal yaitu rafting di Sungai Telaga Waja. Liburan wisata ke Besakih sambil ikut rafting atau arung jeram tentu hal menyenangkan.

Alamat: Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kec. Karangasem, Bali
Provinsi: Pulau Bali
Gaya arsitektur: Arsitektur Bali

Jika anda sudah pernah melihat foto-foto dari Pura ini, maka anda akan melihat anak tangga yang jumlahnya banyak dan terdapat pintu gerbang yang sangat besar, gerbang inilah pintu masuk ke areal pusat Pura Penataran Agung Besakih.

Pura Besakih di Bali merupakan pusat kegiatan keagamaan bagi umat Hindu Bali. Pura Penataran Agung Besakih paling banyak memiliki tempat atau bangunan untuk persembahyangan, orang Bali biasa sebut dengan nama Pelinggih dan merupakan pusat dari Pura ini.

Pura Agung Besakih di Bali sudah terkenal sampai ke macanegara, begitu banyak wisatawan asing atau domestik yang berwisata ke tempat ini. Saking besarnya Pura ini, Pura Agung Besakih mendapat nama sebagai ibunya dari Pura di Bali.

Lokasi Pura Besakih Di Bali, jika anda ingin tahu lokasi dari Pura Besakih,  Silahkan klik link dibawah ini. Link akan membawa anda kehalaman Google Map.