Agustus 14, 2016

>> Beragam Lokasi Wisata terindah di Kepulauan Seribu

Pulau seribu merupakan gugusan kepulauan yang memiliki jumlah sekitar 110 pulau yang terdiri dari pulau besar maupun pulau kecil. Sebenarnya kepulauan seribu hanyalah salah satu nama kabupaten. Yang uniknya di kabupaten ini terdapat pulau-pulau kecil yang memancarkan pesona alam nan indah dan menjadikannya tempat wisata yang dapat dinikmati oleh orang Indonesia maupun para wisatawan dari mancanegara.

Masing-masing pulau kecil di kepulauan seribu memiliki sejarah dan keunikan yang berbeda-beda. Namun dari beberapa pulau wisata di pulau seribu yang nanti diuraikan sepertinya anda harus coba kunjungi dan merasakan sendiri sensasi dan eksotisnya dari pulau tersebut. Anda akan menemukan pemandangan alam dan surga bawah laut yang indah dan berkesan. Selain itu ada beberapa kegiatan wisata yang tidak bisa anda tolak diantaranya snorkeling, diving, banana boat dan masih banyak lagi. Ada sembilan pulau wisata di pulau seribu yang mempesona untuk anda kunjungi.

1. Pulau Tidung

Pulau Tidung adalah tempat paling terkenal di kawasan Kepulauan Seribu. Tempat ini menjadi idola para wisatawan dengan pesona laut biru mempesona yang ditawarkan.

Pulau Tidung terdiri atas dua bagian yakni Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil dimana kedua bagian tersebut dihubungkan oleh sebuah jembatan panjang yang oleh masyarakat setempat dinamakan jembatan cinta. Pulau Tidung sendiri paling sering digunakan oleh beberapa agen travel untuk menawarkan paket wisata. Pulau Tidung merupakan sebuah nama kelurahan di kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, kabupaten Kepulauan Seribu Selatan, DKI. Jarak tempuh Pulau Tidung ini sekitar 3 jam dari dermaga Muara Angke.


2. Pulau Semak Daun
Pecinta kehidupan bawah laut dan pendamba keheningan nampaknya wajib datang ke tempat yang satu ini. Pulau Semak Daun adalah tempat favorite lain yang menjadi tujuan utama para pemburu pantai pasir putih di kawasan Kepuluan Seribu.

Pulau Semak Daun adalah sebuah pulau kecil tak berpenghuni yang sangat pas untuk mereka yang ingin kabur sejenak dari penatnya Jakarta. Mendirikan tenda dan bermalam di tempat ini akan membuatmu menemukan ketengan yang selama ini kamu cari. Disini kamu bisa melihat indahnya kehidupan bawah laut dengan ber-snorkeling atau diving. Catat ya, di pulau ini tidak ada penginapan. Jadi, kalau ingin bermalam di pulau ini wajib hukumnya membawa tenda dari rumah.


3. Pulau Bira
Pulau Bira juga belum terlalu banyak dikunjungi wisatawan jadi suasananya masih terjaga dan perawan. Untuk bisa sampai ke pulau ini terlebih dulu kamu harus transit di pulau Pramuka setelah menempuh perjalanan sekitar 3 jam dari dermaga Muara Angke. Memang membutuhkan sedikit perjuangan untuk bisa sampai ke pulau ini. Tapi, apa yang akan kamu dapatkan terasa sangat sebanding.

Di pulau Bira kamu bisa melihat keindahan bawah laut dengan diving maupun snorkeling. Suasana alami benar-benar terasa di pulau ini. Selain menikmati keindahan panorama bawah laut, duduk-duduk manis di dermaga sambil menikmati sunset di pulau ini juga jadi aktivitas menarik. Di pulau Bira ini terdapat beberapa rumah kayu bergaya vintage yang bisa kamu gunakan untuk bermalam.


4. Pulau Pari
Banyak agensi travel yang mulai memasukkan pulau ini ke dalam paket trip liburan. Pulau Pari memang menawarkan keindahan yang tak ditemukan di tempat lain. Di pulau ini telah terdapat penginapan yang biasanya sudah masuk dalam paket liburan.

Di pulau Pari ini selain bisa menikmati pesona pantai berpasir putih yang memabukkan angan, juga ada budidaya rumput laut yang bisa dikunjungi. Snorkeling, diving, berjalan santai diantara lembutnya pasir. Semua bisa dilakukan di pulau cantik yang satu ini. Pulau Pari juga dijadikan sebagai pusat pelelitian kelautan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).


5. Pulau Harapan
Apa yang akan kamu dapatkan di pulau Harapan ini benar-benar sesuai harapan. Sebuah jembatan kayu yang bisa digunakan untuk duduk santai sambil menggelantungkan kaki, pemandangan laut biru yang menyejukkan mata, serta keindahan panorama bawah laut adalah segelintir hal yang akan kamu dapatkan disini.

Di kawasan Kepulauan Seribu, pulau ini dikenal dengan keindahan terumbu karang yang membuat penyelam betah berlama-lama di dalam air. Di sekitar pulau Harapan juga terdapat penangkaran salah satu jenis elang langka yakni Elang Bondol.


6. Pulau Bidadari
Lokasi pulau Bidadari ini tidak terlalu jauh dari daratan Jakarta. Hanya sekitr 15 km. Dari sini kita bisa mengintip gedung-gedung Jakarta yang terlihat seperti miniatur kota. Kawasan pulau Bidadari ini memiliki catatan sejarah yang cukup penting. Salah satu buktinya adalah keberadaan benteng pertahanan yang berdiri kokoh disana.

Di sekitar pulau Bidadari juga tumbuh hutan mangrove yang menambah pesona pulau. Menurut masyarakat tempat dulunya pulau ini sering dijadikan tempat liburan Pengeran Jayakarta dan para penghuni kerajaan. Sehingga pulau ini dinamakan pulau Bidadari.


7. Pulau Pramuka
Pulau Pramuka juga tak kalah menarik untuk dijadikan destinasi tempat wisata. Di tempat ini kamu bisa mendapatkan dua hal sekaligus: Kesesangan dan ilmu.

Di pulau Pramuka ini selain bisa menikmati suasana liburan laut yang menyenangkan, kamu juga bisa belajar singkat mengenai penyu sisik karna di pulau ini terdapat tempat pelestarian penyu sisik yang tergolong sebagai jenis penyu langka.


8. Pulau Ayer
Pulau ini memiliki julukan sebagai Mutiara Kepulauan Seribu. Letak pulau ini hanya berjarak sekitar 14 km dari Marina Ancol. Daya tarik utama dari pulau Ayer adalah keberadaan cottage yang berada di atas laut dengan gaya etnik Papua yang sangat tradisonal. Keren banget. Sisi-sisi pantai di kawasan pulau ini juga tak kalah keren. Berlibur di pulau ini kita serasa berada di Raja Ampat, Papua yang sangat keren itu. Pulau Ayer mulai dikunjungi sejak tahun 1950. Proklamator kita, Bung Karno sering menjadikan pulau ini sebagai tempat beristirahat. Di pulau ini juga dapat ditemui binatang biawak yang hidup secara bebas.


9. Pulau Kotok
Pulau Kotok adalah salah satu tepat menyelam yang cukup menarik di kawasan Kepulauan Seribu. Vegetasi di pulau ini masih asli. Panorama bawah laut di pulau ini benar-benar memanjakan para penyelam.

Pulau Kotok senantiasa terjaga keasriannya karna di pulau ini tidak disediakan wahana-wahana seperti yang ada di Ancol seperti banana boat, jetski dan semacamnya. Di pulau ini terdapat cottage yang terdapat di sebuah pohon. Dari sini kita bisa menyaksikan kemegahan pemandangan laut Kepulau Seribu yang membuat siapapun pasti tak ingin pulang.


10. Pulau Putri
Pulau lain yang tak kalah menarik untuk dikunjungi di Kepulau Seribu adalah pulau Putri. Sama seperti pulau-pulau tetangga lainnya, di pulau ini kita juga bisa menikmati indahnya pemandangan laut di Taman Nasional Laut Pulau Seribu yang mempesona.

Di pulau Putri sudah terdapat beberapa cottage yang bisa digunakan untuk bermalam para wisatawan. Wisatawan di pulau Putri bisa melihat pemandangan sunset yang begitu cantik menggunakan perahu. Sunset di pulau ini sering disebut dengan nama “Sunset Cruise”.


11. Pulau Sepa
Pulau Sepa adalah pulau yang juga cocok untuk berwisata di kawasan Kepulauan Seribu. Pulau ini termasuk salah satu tujuan wisatawan yang ingin menikmati pesona wisata laut, meski tak setenar pulau-pulau lain di Kawasan Kepulauan Seribu

Pulau Sepa ini memang sudah dikelolah sebagai tujuan wisata. Sudah ada beberapa penginapan yang ditemui di pulau ini sehingga kamu tak perlu khawatir jika ingin menghabiskan malam di pulau ini. Di pulau Sepa kamu bisa melakukan berbagai macam aktivitas seperti di pulau-pulau lain seperti diving, snorkeling, atau sekedar menikmati embusan angin laut di tempat yang asing namun asik ini.


12. Pulau Pantara
Pulau Pantara merupakan pulau paling jauh yang ada di kawasan Kepulauan Seribu. Namun, fasilitas yang ada disana sangat lengkap. Pulau ini menawarkan resor-resor yang bisa dibooking oleh pengunjung. Tidak ada paket wisata one day trip. Pengunjung yang ingin berlibur kesini diwajibkan untuk menginap

Walau lokasinya paling jauh, fasilitas yang ada disini bisa dibilang paling lengkap. Beberapa fasilitas tersebut antara lain cottage, restaurant, bar,kolam renang, ruang meeting, watersport, lapangan tenis dan dive shop. Pulau ini memang didesign murni sebagai tujuan wisata.