Agustus 09, 2016

>> Obyek Wisata Terkenal Candi Borobudur, Magelang - Jawa Tengah

Candi Borobudur merupakan candi Buddha terbesar di Indonesia, bahkan juga terbesar di Dunia. UNESCO menetapkannya sebagai salah satu situs warisan dunia pada tahun 1991. Selain menjadi cagar budaya dunia, Candi Borobudur juga menjadi salah satu tempat wisata yang menarik banyak perhatian wisatawan domestik dan juga mancanegara.

Candi Borobudur memiliki luas 123 x 123 meter persegi dan terdiri dari 10 tingkat. Bangunannya tersusun dari balok vulkanik yang membentuk 504 arca, 72 stupa dan sebuah stupa induk besar di puncaknya. Uniknya, balok-balok ini tersusun tanpa menggunakan perekat ataupun semen, kompleks ini terlihat seperti sebuah susunan lego raksasa.


Candi Borobudur merupakan salah satu tempat wisata di Jawa tengah yang sangat terkenal bukan hanya di dalam negeri saja, melainkan hingga seluruh pelosok dunia. Keberadaannya yang juga pernah menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia sebagai salah satu candi Buddha terbesar di dunia menjadi salah satu latar belakang mengapa candi yang satu ini namanya begitu mendunia. 

Candi Borobudur disebut sebagai salah satu mahakarya terbesar manusia sepanjang sejarah. Susunan balok vulkanik dan pahatan reliefnya merupakan sebuah karya seni yang tak tertandingi nilainya. Tempat wisata ini juga menjadi bukti kemajuan peradaban manusia zaman dahulu dalam bidang arsitektur, teknologi dan seni sastra.


Di kompleks ini terdapat dua museum yaitu Museum Samudera Raksa dan Museum Karmawibhangga. Museum Samudera Raksa berisi berbagai koleksi dan informasi mengenai sejarah perdagangan Asia – Afrika pada zaman dahulu, sedangkan Museum Karmawibhangga berisi informasi mengenai pembangunan Candi Borobudur.

Tak hanya bangunan candi yang menarik perhatian, namun juga pemandangan alam di sekitarnya. Di sebelah selatan candi terdapat Bukit Manoreh yang jika dilihat bentuknya menyerupai seseorang dalam posisi tidur. Selain Bukit Manoreh, masih ada Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Merbabu, dan Gunung Merapi yang mengelilingi bangunan megah ini.



Candi Borobudur seringkali banyak disalah pahami oleh sebagian besar pelancong sebagai tempat wisata di Yogyakarta. Banyak sekali orang yang mengenal Candi Borobudur sebagai salah satu tempat wisata di Jogjakarta. Ini tidak lain karena letak Candi Borobudur yang memang sangat dekat dengan Kota Yogyakarta. Alamat Candi Borobudur ada di Jl. Badrawati, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Kota Yogyakarta sendiri sebagai salah satu kota tujuan wisata yang sangat mendunia menjadikannya kota yang sangat maju pariwisatanya dan sangat banyak dikunjungi para wisatawan dari berbagai negara. Dan para wisatawan yang datang ke Kota Yogyakarta tersebut sebagian besar banyak juga yang kemudian juga berkunjung ke candi tersebut, karena letak Candi Borobudur yang sangat dekat dengan Kota Yogyakarta. Jadi tidaklah aneh jika banyak orang menyangka kalau letak Candi Borobudur masih berada di dalam kawasan Daerah Istimewa Yogyakarta.


Secara geografis letak Candi Borobudur berada di wilayah Propinsi Jawa Tengah, tepatnya di Jalan Badrawati, Desa Borobudur, Kabupaten Magelang. Lokasi Candi Borobudur berada di kawasan Kota Magelang yang jaraknya tidak begitu jauh dari Kota Yogyakarta. Untuk mengunjungi tempat wisata di Jawa Tengah yang satu ini, kita bisa menempuh beberapa rute dari kota terdekat dengan menggunakan berbagai moda transportasi umum maupun kendaraan pribadi. Beberapa kota besar yang berada paling dekat dengan Candi Borobudur yaitu Kota Yogyakarta di bagian sebelah selatan. Kemudian juga ada Kota Semarang yang berada agak sedikit jauh di bagian utara. Kota Solo juga sedikit agak jauh di sebelah timur.


Untuk bisa menikmati segala keindahan candi Buddha terbesar di Indonesia ini pengunjung harus membayar harga tiket masuk Candi Borobudur. Bagi turis domestik anda tidak perlu khawatir karena tiket masuk Borobudur yang harus dibayarkan masih cukup terjangkau. Tiket masuk Borobudur sendiri dibagi menjadi beberapa kategori, seperti misalnya domestik dan mancanegara. Harga tiket masuk Candi Borobudur untuk wisatawan domestik akan lebih murah daripada tiket Borobudur untuk wisatawan dari luar negeri.

Berikut ini daftar harga tiket masuk Candi Borobudur khusus untuk tiket sekali jalan:
Selain untuk satu lokasi sekali jalan (harga tiket masuk Candi Borobudur saja), pengelola Taman Wisata candi Borobudur juga menyadiakan tiket dapalam bentuk paket. Untuk tiket paket ini tiket masuk Borobudur akan di-bundling dengan tiket masuk ke candi lainnya yaitu Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko. Harga yang ditawarkan juga cukup menarik, dengan segala fasilitasnya. 

Berikut ini daftar harga tiket masuk Candi Borobudur khusus untuk paket :
Harga Tiket Masuk Candi Borobudur Paket Borobudur - Prambanan

Harga Tiket Masuk Candi Borobudur Paket Borobudur - Ratu Boko

Candi Borobudur tidak pernah sepi dengan pengunjung karena harga tiket masuk Candi Borobudur yang terbilang cukup terjangkau. Terutama di hari-hari besar atau hari libur nasional tempat wisata di Jawa tengah yang satu ini memang selalu penuh dengan wisatawan. Mereka yang datang bisa dari dalam negeri maupun dari negara-negara lain. Untuk anda yang sedang berkunjung ke beberapa tempat wisata di Yogyakarta dan sekitarnya anda bisa sekalian berkunjung ke Candi Borobudur ini. Setiap harinya Candi Borobudur dibuka untuk umum pada pukul 06.00 WIB, dan ditutup pada pukul 05.00 WIB di sore hari. Jadi ada cukup waktu bagi anda untuk menikmati keeksotisan candi termegah di Indonesia ini.

Peta Lokasi Candi Borobudur via Google Map: